Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 (K-13) adalah  Sistem Pendidikan yang saat ini diterapkan di SMKN 2 Magetan. Kurikulum ini diberlakukan untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah diterapkan selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan. SMKN 2 Magetan termasuk kedalam sekolah rintisan tersebut.

Revisi Kurikulum 2013 edisi 2016

Sistem Penilaian dalam Kurikulum 2013 mengalami beberapa perubahan, pada revisi Kurikulum 2013 edisi 2016 sistem penilaian  satuan (1 – 4) dikembalikan menjadi puluhan (0 – 100) seperti pada sistem sebelumnya. Ini disebabkan karena banyaknya aduan dari Orang Tua Wali murid yang sulit mengerti dengan sistem Penilaian yang dilakukan seperti di Perguruan Tinggi.

Beberapa Perubahan Penilaian dalam K13 yang akan diterapkan dalam tahun ini antara lain :

    1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional, melainkan tetap memakai nama Kurikulum 2013 Edisi revisi yang berlaku secara Nasional.
    2. Penilaian sikap Kompetensi Inti (KI 1 & KI 2) sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran kecuali mapel agama dan PPKn; namun demikian Kompetensi Inti tetap dicantumkan dalam penulisan RPP.
    3. Perubahan terminologi Ulangan Harian menjadi Penilaian Harian, UAS menjadi Penilaian Akhir Semester untuk semester ganjil dan Penilaian Akhir Tahun untuk semester genap. Sedangkan untuk Ulangan Tengah Semester (UTS) sudah tidak ada lagi dan langsung ke Penilaian Akhir Semester atau Penilaian Akhir Tahun.
    4. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
    5. Remedial diberikan untuk siswa yang nilainya kurang, namun sebelumnya siswa harus diberikan pembelajaran ulang.

Konsep Penilaian

Tujuan penilaian:
Formatif(membentuk karakter dan perilaku, menjadikan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat); diagnostik(melihat perkembangan peserta didik dan feedback-koreksi pembelajaran), dan mengukur achievement/capaian agar dapat dilakukan evaluasi hasil pembelajaran
Ranah yang dinilai:

  • Pengetahuan
  • Keterampilan dan
  • Sikap dan perilaku (attitude and behavior pembiasaan dan pembudayaan)

 

Download Materi
  • Pembuatan Perangkat Pembelajaran K13 Klik Disini

 

Link Downlod Peraturan yang berkaitan dengan Kurikulum 2013
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Klik Disini
  • Peraturan mendikbud no 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar Klik Disini
  • Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah   Klik Disini
  • Permendikbud No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi untuk Pendidikan Dasar dan Menengah Klik Disini
  • permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah  Klik disini
  • Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Klik Disini