27
NOV
2020

Tim TKJ Skadama Menjuarai Lomba Inovasi Teknologi

Maha besar Allah telah menciptakan alam semesta, manusia dan makhluk yang lainnya. Alam semesta ini diciptakan untuk manusia.  Dengan kelebihan yang dimilki dibandingkan makhluk lainnya yang berupa akal, manusia dapat memimpin dan mengelola alam di sekitarnya. Seperti  hutan, air, api dan binantang.

Air  digunakan untuk minum, mandi, mencuci atau untuk keperluan lainnya. Air memiliki potensi yang sangat besar. Selain untuk keperluan sehari-hari, air dapat digunakan untuk menggerakkan suatu benda sehingga menghasilkan suatu energi untuk kebutuhan manusia . Diantara manfaat sumber energi tenaga air yaitu sebagai pembangkit listrik dan transportasi air.

Di Kabupaten Magetan banyak terdapat aliran sungai, ada yang aliran rendah maupun  aliran yang deras. Aliran sungai itu  akan sangat bermanfaat, bila digunakan untuk membangkitkan listrik.

Karena itu, Tim TKJ Skadama berinisiatif membuat alat berupa turbin berbentuk spiral untuk menggerakan generator listrik. Diharapakan dari turbin ini  menghasilkan listrik walaupun berada pada aliran sungai yang rendah.

Turbin Spiral ini dibuat dari bahan pipa PVC dengan ukuran casing 4 Dim, lebar spiral 5 cm. Alat ini dapat menggerakan generator  24 volt dan daya 30 watt dengan beda potensial yang dihasilkan mencapai 10 volt. Turbin ini lebih efisien karena berukuran kecil dan dapat dibawa kemana saja. 

Dari inovasinya tersebut, Tim TKJ Skadama meraih juara harapan dua lomba Inotek Kabupaten Magetan di bidang energi.