14
JAN
2021

PEMBERANGKATAN SISWA PKL TATA BUSANA PERIODE 1 TAHUN 2021

Pembekalan siswa PKL Tata Busana oleh Kepala SMK Negeri 2 Magetan

Pembekalan PKL Tata Busana

Senin, 4 Januari 2020 bertempat di Halaman SMK Negeri 2 Magetan pukul 07.00 WIB di adakan kegiatan pemberangkatan siswa/siswi Tata Busana yang akan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dunia Usaha Dunia Industri (DU-DI).

PKL ini dilaksanakan untuk memenuhi prasyarat kelulusan siswa/siswi SMK Negeri 2 Magetan. Kegiatan ini dilaksankan minimal selama 3 bulan sampai 6 bulan di Dunia Usaha Dunia Industri ( DU-DI ). Diharapkan dengan kegiatan ini dapat menambah sisi kompetensi siswa baik dari pengetahuan maupun ketrampilan yang kemungkinan tidak di dapatkan di sekolah. Sisi lain yang penting yang di dapat dari kegiatan ini adalah kemandirian siswa dalam bersisoalisasi di masyarakat, di mana lulusan SMK kedepannya di harapkan mampu untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri sesuai dengan kompetensi yang di dapat dari sekolah.

Kegiatan pemberangkatan PKL ini diawali dengan pembekalan oleh Drs. Susilo Purwantono, MM selaku Kepala SMK negeri 2 Magetan. Dengan pembekalan ini di harapkan siswa dapat mempunyai pengetahuan dasar dalam menyiapkan diri memasuki lingkungan DU-DI.

Pemetaan PKL Tata Busana

Di Tahun 2021 ini, Tata Busana merencanakan untuk memberangkatkan siswa PKL menjadi 2 periode. Periode 1 di laksakan tanggal 4 Januari 2021 s/d 2 April 2021, sedangkan Periode ke 2 di rencanakan akan dilaksakan tanggal 5 April 2021 s/d 29 Mei 2021. Pemberangkatan masing-masing periode dilaksanan sebanyak 1 kelas. Pada periode 1 ini yang berangkat adalah kelas XI Tata Busana B sebanyak 30 Siswa, dimana siswa putra 1 siswa dan siswa putri sebanyak 29 siswa.

Untuk indutri yang di gunakan siswa PKL Tata Busana periode 1 ini adalah PT GLOBAL FASHION GARMENT Di Karang Anyang, Jawa Tengan dan PT BARKAT AGUNG JAYA ABADI yang berlokasi di Desa Sukomoro Kabupaten Magetan, Jawa timur. Kedua DU-DI ini bergerak di bidang Garment, dengan hasil produksi berupa kemeja, gamis, celana, blus, blazer,dll.

Pemetaan siswa PKL Tata Busana periode ini, yang di laksanakan oleh kelas XI Tata Busana B sebanyak 30 siswa, dengan pembagian 16 siswa PKL di PT GLOBAL FASHION GARMENT dan 14 siswa PKL di PT BERKAT AGUNG JAYA ABADI.

Penyerahan siswa PKL Tata Busana oleh guru Pembimbing ke DU-DI

Setelah pembekalan selesai di tandai pelepasan siswa PKL oleh kepala sekolah, siswa PKL dan Guru pembimbing berangkat bersama menuju tempat DU-DI yang telah di tentukan.

Leave a Reply

captcha *