02
FEB
2021

MURAL SEBAGAI MEDIA EKSPRESI DAN KOMUNIKASI

Pengertian Mural

Mural berasal dari kata ‘murus’ dari Bahasa Latin yang memiliki arti dinding. Dalam pengertian kontemporer, mural adalah lukisan atau gambar berukuran besar yang dibuat pada dinding,(interior atau pun eksterior), langit-langit atau bidang datar lainnya. Bahan utama yang biasa digunakan adalah cat tembok dengan dan air sebagai pengencer serta kuas sebagai alatnya.

Pada saat sekarang ini seni mural dapat kita jumpai disekitar kita baik di jalan beraspal, tembok-tembok gang, bahkan juga pada dinding-dinding kafe yang sekarang ini sedang berkembang.

MANFAAT  MURAL

  1. Meningkatkan unsure estetika

Dengan hadirnya lukisan atau gambar mural dapat memberikan pengalaman estetis baik untuk sipembuat atau penikmat. Pengalaman estetis dapat berupa perasaan indah, senang, gembira,haru dsb.

2. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi

Mural dapat berfungsi sebagai sarana meningkatkan kreativitas dan imajinasi maksudnya adalah bagi sipembuat meningkatkan daya kreativitas, konsep terhadap karya yang akan dibuatnya, sedangkan bagi penikmat baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merangsang daya kreativitas dan imajinasinya dalam mengapresiasi sebuah karya seni ketika sedang melihat lukisan mural dengan tema tertentu, misalnya lukisan atau gambar yang berkesan 3D (tiga dimensi).

3. Sebagai media edukasi

Lukisan atau gambar mural.merupakan bahasa visual yang dapat berisi semboyan, ajakan, penyuluhan yang secara langsung maupun tidak langsung untuk mempengaruhi sikap dan perilaku orang atau masyarakat dalam hal yang positif.

Tema-tema yang biasa ditampilkan dalam seni mural antara lain sejarah (tokoh-tokoh), binatang, alam, tumbuhan,hasil-hasil teknologi , hasil-hasil arsitektur dsb.

Lukisan mural yang berisi tentang sejarah beserta tokoh-tokohnya akan membuat siswa lebih tertarik dengan kisah itu karena ada bantuan bentuk visual untuk mengimajinasikan apa yang terjadi saat itu. Siswa dengan kemampuan untuk menginterpretasi, menafsirkan, menegosiasikan dan member makna dari sebuah informasi yang berbentuk gambar dapat menjadikannya sebaga iliterasi visual.

4. Sebagai Sarana Hiburan

Seni mural dapat dinikmati sebagai hiburan atau wisata visual seiring perkembangan teknologi dimana sebuah kamera dapat dimiliki oleh banyak individu yang merupakan salah satu fasilitas dari perangkat telepon genggam.  Foto di depan atau di samping karya mural merupakan kesenangan dan pengalaman tersendiri baik dilakukan secara selfie atau beramai-ramai

Leave a Reply

captcha *