26
FEB
2021

TIPS PERAWATAN MESIN DIESEL ISUZU PANTHER

Berikut Sobat semua, 5 cara mudah perawatan mesin diesel Isuzu :

1. Panaskan Mesin 

            Tindakan mudah yang dapat dilakukan untuk merawat mobil diesel Isuzu kamu adalah dengan memanaskannya setiap hari sebelum dipakai menembus jalanan. Sekedar menyalakan mesin selama 5 menit sebelum digunakan itu sudah cukup.

Tidak seperti mobil bensin yang hanya membutuhkan beberapa saat saja untuk men-starter, mesin diesel terutama model lawas membutuhkan waktu yang cukup lama agar suhu mesin bisa digunakan untuk membakar solar. Hal ini karena mesin diesel tidak memiliki busi.

2. Hindari Mematikan Mesin Secara Tiba-Tiba

            Ketika sampai di tujuan, kamu diharapkan jangan langsung mematikan mesin . Apalagi setelah digunakan dalam kecepatan tinggi atau menempuh jarang yang sangat jauh. Paling tidak dinginkan sekitar 5 menit dalam kondisi mesin masih menyala dan mobil berhenti. Setelah mesin bisa dimatikan.

Penting untuk mengetahui cara mematikan mesin mobil yang tepat. Karena mesin diesel bekerja berdasarkan tekanan udara panas, jika dimatikan secara langsung tatau tiba-tiba yang ditakutkan adalah “jeroan” mesin diesel akan bengkok dan mesin dinyatakan rusak berat.

3. Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar 

            Bahan bakar mesin diesel standar tergolong murah karena masih disubsidi pemerintah. Oleh karena itu cukup memalukan jika kamu enggan mengisi atau sampai kelupaan untuk memenuhi tangki bahan bakar.

Cara mudah perawatan mesin diesel Isuzu Panther adalah agar tidak sampai kehabisan suplai bahan bakar saat bekerja. Karena jika ini terjadi akan sangat merepotkan. Mesin akan mengalami masuk angin dan  tidak bisa dinyalakan. Kamu terpaksa harus menderek mobil ke bangkel terdekat  atau memanggil montir khusus untuk memompa angin pada mesin.

4. Gunakan Oli Berkualitas

            Oli mesin ibarat darah pada tubuh manusia. Maka dari itu pastikan untuk selalu memakai oli terbaik untuk mesin mobil Isuzu kamu. Jika tiba waktunya harus mengganti, gunakan oli mesin yang memang sesuai dengan petunjuk pabrikan Isuzu. Lakukan penggantian oli setidaknya setelah menempuh jarak 5000 km atau untuk penggunaan ringan bisadiganti pada jarak 7500 hingga 10.000 km

Sangat disarankan untuk menghindari pemakaian oli yang bukan peruntukan atau murah. Menggingat tugas oli sangat penting yang tidak hanya mendinginkan melainkan juga melumasi, membersihkan dan melindungi mesin.

5. Rutin Ganti Filter Bahan Bakar

            Tugas dari filter bahan bakar adalah menyaring antara solar dengan air. Pada bahan bakar terutama jenis solar standar , selalu terdapat kandungan air di dalamnya. Jika filter bahan bakar tidak diganti dalam waktu yang lama, maka tentu saja akan penuh air di dalamnya.

Selalu mengganti filter bahan bakar memang dibutuhkan. kamu akan  mengetahuinya dengan menyalanya indikator pada filter bahan bakar di dashboard. Jika tidak segera diganti, maka bisa saja air yang sudah terkumpul di fiter akan meluap dan masuk ke dalam ruang piston dan dipastikan menganggu proses pembakaran.

Semoga tips tentang cara mudah perawatan mesin diesel Isuzu Panther ini, bermanfaat ya !

Leave a Reply

captcha *