22
MAR
2021

UPACARA PELANTIKAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA-GERAKAN PRAMUKA GUGUS DEPAN 01.89 / 01.90 PANGKALAN SMKN 2 MAGETAN-2021

PRAMUKA adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya Rakyat Muda yang Suka Berkarya.PRAMUKA merupakan organisasi atau gerakan kepanduan. Kepramukaan merupakan wadah proses pendidikan non formal dalam pembentukan karakter generasi bangsa yang dilaksanakan di Indonesia. Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan istilah “Kepanduan”

Gerakan pramuka merupakan salah satu garda terdepan dalam pembentukan karakter generasi bangsa, maka dari itu gudep 01.89/01.90 SMKN 2 MAGETAN terus berupaya dan bekerja keras untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kepramukaan dengan aktif  dan selalu berdasarkan pada metode kepramukaan dan prinsip dasar kepramukaan.

            Sebagai wujud pengamalan METODE KEPRAMUKAAN, dengan melaksanakan kegiatan pramuka yang menantang dan menarik serta mengandung unsurpendidikan sesuai perkembangan peserta didik dan pramuka juga harus melaksanakan sistem tanda kecakapan. Maka gudep 01.89/01.90 Smkn 2 Magetan telah menyelenggarakan kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara untuk seluruh anggota Pramuka Kelas X. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring, kegiatan dilaksanakan pada hari sabtu, 27 februari 2021 mulai pukul 08.00 – 10.00 berlokasi diruang AULA SMKN 2 MAGETAN

Kegiatan berjalan dengan lancar dan meriah, peserta upacara yang hadir secara luring berjumlah 70 anak dan yang lainya mengikuti secara daring live streaming, adapun yang bertindak sebagai pembina upacara adalah wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yaitu kakak Timbul Wahyudi, dan di dampingi kakak kakak pembina dan pelatih pramuka SMK Negeri 2 Magetan.

Semua anggota pramuka kelas X sangat bangga, karena telah dilantik menjadi pramuka penegak bantara dan telah berhak memakai tanda kecakapan umum bantara, serta bangga dan senang karena memiliki gugus depan yang aktif dan unggul dalam kegiatan pramuka. Setelah acara selesai semua pembina berpesan agar adik adik pramuka penegak bantara selalu mengamalkan darma pramuka dalam kehidupan sehari hari agar menjadi sosok pramuka yang hebat dan bisa memberikan manfaat untuk bannyak orang. Selamat atas terlantiknya pramuka penegak bantara tahun 2021

Satu Pramuka, Untuk Satu Indonesia

Bangga Menjadi Pramuka Indonesia

Pramuka Skadama Jaya

Leave a Reply

captcha *