26
MAR
2021

PELAYANAN PENGEMBALIAN DAN PEMINJAMAN BUKU PAKET PERPUSTAKAAN SKADAMA DI ERA PANDEMI COVID 19

Kegiatan layanan perpustakaan adalah sebagai jembatan antara bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan dengan pengguna yang membutuhkannya guna mengoptimalisasikan pemanfaatan bahan atau sumber informasi yang ada. Disamping itu idealnya pelayanan di perpustakaan itu dapat lebih memikat, bersahabat, cepat dan akurat dimana pelayanan perpustakaan harus didasarkan kepada kebutuhan pengguna sebagai antisipasi perkembangan teknologi informasi dan pelayanan yang ramah, dengan kata lain menempatkan pengguna sebagai salah satu faktor penting yang mempengaruhi kebijakan pada suatu perpustakaaan, kesan kaku pelayanan perpustakaan harus  dieliminir sehingga perpustakaan lebih berkesan friendly.

Namun dapat diketahui layanan diperpustakaan secara teknis terbagi dalam tiga kategori :

Layanan Teknis

Layanan ini biasanya berupa pengadaan dan pengolahan bahan pustaka, serta menginformasikan bahan pustaka yang telah diolah serta ketersediaan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

pelayanan perpustakaan smkn 2 magetan selama masa pandemi covid 19

Layanan Pemakai

Layanan ini biasanya yang berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan yaitu Sirkulasi, Referensi. Opac, Multimedia dan lain sebagainya.

Layanan Administrasi

Layanan administrasi terdiri dari dua kategori yaitu layanan untuk administrasi perpustakaan/ staf perpustakaan dan administrasi untuk pengguna perpustakaan.

Layanan pengembalian dan peminjaman buku paket termasuk di dalam layanan teknis.  

Pada awal Bulan Maret 2020 Negara Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus COVID-19. Sejak saat itu pemerintah melakukan berbagai upaya penanggulangan penyebaran virus covid-19 salah satunya dengan membentuk gugus tugas penanggulangan penyebaran virus tersebut.

Pemerintah juga menutup sekolah, perkantoran menerapkan sistem kerja work from home, pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar. Hampir seluruh bidang kehidupan terdampak mulai dari bidang ekonomi, pendidikan, transportasi, pariwisata, dan masih banyak lagi. Begitu pula perpustakaan juga ikut merasakan dampaknya.

Dari berbagai macam jenis perpustakaan dimanapun berada mungkin tidak lagi melakukan pelayanan, khususnya layanan sirkulasi yaitu layanan peminjaman dan pengembalian bahan koleksi perpustakaan. Hal ini juga berlaku di perpustakaan SMK N 2 Magetan.