24
JUL
2021

MEMBUAT SCRUB ALAMI DARI BIJI KOPI

Dalam dunia kuliner kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari banyak orang, tidak sekadar diteguk saja, namun juga dinikmati. Bahkan tidak sedikit pengusaha café yang berlomba menyajikan kopi ke dalam berbagai macam varian rasa demi menarik minat pembeli. Namun lain ceritanya jika di dunia kecantikan. Kopi bisa dimanfaatkan sebagai produk skin care, salah satunya adalah scrub.

Butirannya yang halus dan kaya akan senyawa bermanfaat membuat kopi populer sebagai bahan scrub alami. Manfaat utama scrubbing dengan kopi adalah menyamarkan kondisi selulit pada kulit dan lingkaran gelap di bawah mata alias mata panda. Ini karena kafein pada kopi memiliki sifat antiradang kuat yang membuatnya ampuh mengurangi peradangan dan kemerahan di kulit.

Antioksidan yang terkandung dalam kopi dikenal mampu merawat kulit dan membuatnya tampak lebih cerah. Cara kerjanya dengan menangkal radikal bebas penyebab kerusakan sel-sel tubuh, tak terkecuali kulit wajah.

Menggunakan scrub dengan memberikan sedikit pijatan ringanmampu melancarkan aliran darah, terutama di bawah mata. Hal ini bisa mengurangi penumpukan darah dan cairan pada kelopak mata yang menjadi penyebab munculnya mata panda.

Kopi memang tidak dapat sepenuhnya menghapus selulit atau mata panda. Studi tentang manfaat scrub kopi juga masih perlu dikaji lebih lanjut. Meski begitu, scrub kopi cukup bisa diandalkan untuk membuat kulit lebih cerah dan sehat secara keseluruhan.

Pada umumnya, scrub kopi terdiri dari tiga bahan utama untuk menciptakan butiran eksfoliator alami, yakni:

  • 1 cangkir bubuk kopi giling kasar,
  • ½ cangkir gula palem atau garam laut, serta
  • 1 cangkir minyak sesuai selera (minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kanola, minyak biji anggur, dan sebagainya).

Langkah-langkah :

Campurkan semua bahan kering ke dalam sebuah mangkuk, lalu tambahkan minyak. Jika memakai minyak kelapa, cairkan terlebih dahulu ke dalam microwave selama 20 – 30 detik. Aduk rata hingga menjadi adonan kasar.

Setelah semua bahan tercampur rata, gosokkan scrub ke seluruh tubuh dengan tangan atau sikat mandi. Pijat kulit dengan lembut mengikuti gerakan melingkar dengan fokus di bagian yang mengalami selulit.

Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas bersih dengan air hangat. Ulangi langkah-langkah tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu setiap kali akan mandi.

Kandungan kafein berperan besar untuk mendapatkan manfaat optimal dari scrub kopi. Gunakan bubuk kopi segar, bukan ampas ataupun kopi instan sachet. Selain itu, pilihlah kopi jenis robusta yang memiliki tingkat kandungan kafein dua kali lipat lebih banyak daripada kopi arabika.