08
NOV
2021

JENIS-JENIS ANIMASI

Animasi di jaman sekarang sudah menjadi tontonan yang umum dilihat oleh banyak orang. Animasi bisa ditonton di TV maupun di youtube, sosmed dan berbagai sarana komunikasi yang lain. Namun adakah diantara kalian yang sudah tahu apa itu pengertian animasi dan jenis-jenis animasi jaman sekarang?

            Animasi merupakan gambar bergerak yang disusun secara beraturan mengikuti pergerakan yang telah ditentukan. Animasi disusun dari frame by frame dalam sebuah area kerja sehingga terlihat seolah-olah merupakan gambar yang hidup. Banyak sekali contoh film animasi yang sekarang ini bisa dilihat di televisi. Sebagai contoh ada Larva, Upin dan Ipin, Sopo Djarwo dll

            Ada berbagai jenis film animasi yang beredar sekarang ini. Animasi sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan cara pembuatannya animasi dibagi menjadi 4 jenis yaitu animasi tradisional , animasi berbasis vektor, animasi tiga dimensi dan animasi stop motion.

            Animasi tradisional adalah animasi yang dibuat dengan cara menggambar manual dengan menggunakan tangan. Sebagai contoh untuk menghasilkan satu detik sebuah animasi, animator harus membuat 25 gambar. Animator kemudian merangkai gambar-gambar tersebut menjadi sebuah kesatuan hingga menjadi sebuah animasi. Contoh animasi tradisional yang beredar adalah film Pinocchio.

            Animasi berbasis vektor adalah animasi yang dibuat dengan menggunakan komputer. Animator membuat dan menggambar secara langsung  pada komputer. Kemudian animator menyatukan gambar dengan menggunakan aplikasi yang ada di komputer. Contoh film animasi berbasis vektor adalah My Little Pony(2013)

            Animasi tiga dimensi (Computer Graphic Integrated) adalah pembuatan animasi dengan cara membuat model 3D lalu diberikan rigging animasi di dalam ruang tiga dimensi dengan menggunakan komputer. Contoh film animasi 3D adalah Kungfu Panda.

            Stop Motion adalah animasi yang dibuat dengan memanipulasi objek nyata kemudian mengambil foto satu frame setiap perubahan untuk membuat ilusi gerakan animasi. Contoh film animasi stop motion adalah Coraline. Nah itu adalah jenis-jenis animasi yang sekarang beredar di sekitar kita. Untuk penjelasan lebih lengkap bisa kunjungi link berikut ini!

sumber : https://www.youtube.com/watch?v=aYGqObD0NKU&t=6s