Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN | TATA BOGA | TATA KECANTIKAN RAMBUT DAN KULIT | TATA BUSANA | FARMASI
  • DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN | TATA BOGA | TATA KECANTIKAN RAMBUT DAN KULIT | TATA BUSANA | FARMASI
7 Juni 2024

TANDUK RUSA

Jumat, 7 Juni 2024

TANDUK RUSA

Nama Tanaman : Tanduk rusa
Nama Lain : Simbar agung, Simbar mejangan, dan paku uncal.
Nama Latin : Platycerium Sp.
Famili : Polypodiaceae
Asal Tanaman : Daerah tropika dan subtropika seperti Asia,Afrika,dan Australia.
Jenis tanaman : Tumbuhan Paku
Ciri-ciri Tanaman : 1. Rimpang lunak namun liat, bergerombol, dan menjalar pendek pada batang pohon atau bebatuan.
2. Akar tumbuh pada rimpang dan melekat erat pada permukaan tempatnya menempel.
3. Rental agak tebal, tumbuh dari rimpang, duduk. Terdapat dua bentuk ental yaitu ental perisai yang melebar menutupi rimpang rumpun ia menyanggga daun steril dan Ental tanduk tumbuh menjuntai atau tegak, muncul dari titik yang sama dengan ental.perisai.
4. Entalnya bercabang-cabang berbentuk seperti tanduk rusa.
5. Tumbuhan ini memiliki penampilan yang khas seperti tanduk rusa.
Manfaat Tanaman : 1. Sebagai tanaman hias
Paku tanduk rusa merupakan salah satu tanaman hias yang biasa dipelihara orang dipekarangan rumah, ditempel dipohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada tanam.
2. Memperkuat Kesehatan Tulang dan Sendi
Erosi tulang rawan dan osteoarthritis disebabkan kekurangan glikosaminoglikan dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman tanduk rusa dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala yang berhubungan dengan osteoarthritis. Hal ini berkat efek anti-inflamasi yang kuat dari senyawa glikosaminoglikan untuk membantu merangsang perbaikan tulang rawan.
3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Penelitian di Selandia Baru menemukan bahwa tanaman tanduk rusa dapat membantu mendorong pertumbuhan pembuluh darah baru yang mempercepat penyembuhan luka dan pemulihan dari operasi besar.
4. Mengontrol Tekanan Darah
Manfaat tanaman tanduk rusa juga dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah normal dan menstabilkan tekanan darah abnormal.Kandungan Polisakarida di dalamnya telah dikaitkan dengan aktivitas biologis, seperti meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kecenderungan darah menggumpal, mengurangi risiko stroke, dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular secara umum.
5. Mengelola Kinerja Mental dan Suasana Hati
Studi klinis menunjukkan tanaman tanduk rusa berfungsi sebagai antidepresan dan pengatur suasana hati. Pengaruh Pantocain dalam tanaman tanduk rusa pada kinerja mental telah diuji.Manfaat tanaman ini rupanya memungkinkan neurotransmiter vital tersedia lebih lama untuk struktur otak dan meningkatkan suasana hati.
6. Menstimulasi Kekebalan Tubuh
Tanaman herbal ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan telah ditemukan sebagai sumber alami imunoglobulin yang melawan infeksi dan penyakit.Selain itu, efek tanaman ini terbukti meningkatkan makrofag, merangsang produksi limfosit, dan meningkatkan jumlah sel darah merah dan putih. Efek tanaman ini dapat secara langsung melengkapi kemampuan tubuh untuk melawan penyakit dan memelihara kesehatan. Demikian manfaat tanaman tanduk rusa bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.
Sumber : Wikipedia, suara.com

Tulisan Lainnya

Oleh : aripuguh54321

DAUN SALAM

Oleh : aripuguh54321

POHON POPLAR

Oleh : aripuguh54321

AGLONEMA LIPSTIK